Langsung ke konten utama

Solusi Pendidikan Indonesia bag II

Assalamualaikum, Bapak Menteri yang Istimewa, semoga bisa mengambil manfaat dari tulisan ini disaat yang tepat.
Paradigma Apa yang perlu diketahui ketika seseorang ingin memperbaiki dunia pendidikan di Indonesia?

Kondisi terkini yang dapat saya laporkan ketika ingin memaksimalkan kinerja adalah sistem teknologi pendidikan  yang belum bersinergi misalkan saja dalam raport mutu sekolah dan dapodik yang saat ini saja semakin menurun.

Jika tulisan dibagian pertama yang harus diselesaikan adalah terkait guru honorer yg jika terselesaikan akan meningkatkan efektivitas program meski anggarannya besar namun sebanding dengan hasilnya maka yang kedua yang tidak kalah penting adalah sistem yang kini sebenarnya malah membatasi karena sering dijadikan alasan yang tidak terbantahkan. Padahal ini juga tugas pemerintah bukan hanya membuat sistem tapi juga menjaga guru dan siswa tidak boleh menurun.

Saat inj dapodik saja guru gtt di smk yang mengajar lebih dari dua tahun belum bisa masuk datanya kesistem, siswa baru yang mau pindah pada tahun ajaran ini juga tidak bisa pindah karena sistem padahal alasannya ibunya meninggal dan kembali ke jawa.
Raport mutu yang digunakan sebagai acuan pengembangan sekolah hasilnya semakin tidak valid. Meski kunci spmi bukan pada sistem atau hasil raport mutu karena masalah sesungguhnya ada pada proses dimana hasil nya sulit diterapkan karena dihasilkan dari proses yang berat. Bisa dibayangkan misalkan seorang siswa banyak hal yang harus diselesaikan maka apakah hasilnya bisa bagus, misalkan bagus hasilnya pun apakah bisa meresap atau melekat dalam diri anak itu untuk diterapkan. Demikian juga ketika kementerian menerima banyak hal apakah bisa menyelesaikan semuanya? Misalnya bisa dan hasil baik apakah bisa diaplikasikan dengan baik. Inilah paradigma dari pentingnya sistem yang sebenarnya sudah di ketahui banyak orang namun juga sering terbaikan.

Intinya setelah saya melihat Menteri Makarim di matanajwa menjelaskan tentang Organisasi penggerak maka saya semakin yakin Anda sangat cerdas bahkan saya yang cerdas tidak memikirkan ada cara dari dunia pendidikan untuk mengumpulkan kembali metode terbaik bagi Indonesia akan coba di realisasikan oleh Mas Menteri. Meski saya tahu bahwa dulu kita punya kurikulum dari Ki Hajar Dewantara yang juga diadopsi negeri tetangga dan terus di perbaiki sampai saat ini.

Sistem yang kokoh dan terus di update harus dibangun terlebih dahulu sebelum hal inovasi yang terbaik seperti pop sekalipun, karena sebagai pondasinya. Tanpa ini program Anda sangat rentan bahkan bisa dikatakan berbahaya bagi Anda karena bisa dikatakan program apapun akan tidak seimbang dengan sistem dan hasil nya sudah jelas. Tidak ada yang bisa diharapkan dari pertentangan tersebut.

Paradigma kedua adalah mengenai sertifikasi guru, seolah dianggap guru diberi sertifikasi dan normal ditambah tugasnya, padahal ketika kita lihat guru yang mengajar bertatap muka langsung dengan 100 lebih peserta didik seharusnya gajinya saat ini 10juta dan jika sertifikasi 1 kali gaji maka gaji 3,5+3,5 maka sebenarnya gaji guru bersertifikasi masih BELUM PANTAS (Apalagi guru tidak tetap yang mengajar 40jp dengan gaji kurang dari 1/4 nya guru bersertifikasi).

Normalnya segala persoalan harus segera diselesaikan namun faktanya hanya bisa berjalan bertahap bahkan kurang cepat. Namun bagi orang seperti saya sudah terdengar sangat baik.

Normalnya ketika kita mendapat tambahan amanah atau tugas semakin menambah ibadah kita, bukan tetap. Namun kebanyakan ketika ditunjuk jadi menteri misal malah menurun ibadah kepada Sang pencipta.

Saya melihat Menteri Nadiem basicnya adalah teknologi dan tentu masyarakat menunggu dan lebih tentram jika sistem aplikasi sekolah Anda yang memandu pengsinergiannya. Seperti halnya guru harus berwibawa segala aspek dimata muridnya agar ilmunya berharga dimata siswa sehingga siswa tertarik belajar. Sementara guru gtt dengan keadaan yang sangat terbatas hal ini saja menjadi tantangan besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Peran dari Forkopimda Forkopimcam, Muspida, hingga Muspika

Masih banyak yang bertanya-tanya, apa itu arti dari Forkopimda, Forkopimcam, Muspida, dan Muspika? Serta apa peran mereka dalam pemerintahan? Kali ini kita akan bahas pengertian dan peran apa itu Forkopimda Forkopimcam, Muspida, dan Muspika. Serta perangkat yang terlibat dalam setiap kelompok forum atau musyawarah tersebut. Selain untuk menambah wawasan pengetahuan, ini juga penting untuk pemahaman kita mengetahui peranan mereka yang terlibat dalam urusan pemerintahan. Semua perangkat tersebut memiliki funsi yang saling berhubungan satu sama lainnya. Pada fungsi koordinasi antar unsur forkopimda dalam pelaksanaan pembangunan dan penyelesaian masalah-masalah aktual di daerah. Agar terbangun konektivitas antar pusdalsis kabupaten/kota dan provinsi. Hal itu bisa terjalankan dengan adanya kerjasama dan relasi bersama Forkopimcam. Merujuk pada Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 pasal 26 tentang Pemerintah Daerah. Demikian juga Komunitas Intelejen Daerah (kominda) melaksanakan perannya sebaga

Kisi-Kisi Matematika PAS Kelas XI Semester Ganjil

 Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Ganjil  Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil TP. 2020/2012 sudah di setor ke IT SMKN Tempursari semoga bisa lancar dan bermanfaat. Ada perbedaan dengan soal tahun-tahun sebelumnya, yaitu ada 2 soal AKM dari 20 soal yang saya buat. Harapan saya melalui ujian ini selain menambah pengetahuan juga meningkatkan karakter kita sebagai sebagai manusia yang berharap menjadi pribadi yang sukses. Berikut ini kisi-kisi mulai dari kelas 10, 11 dan 12. Scroll terus ke bawah ya. #biasakankomentarPositif   Kelas 11 (Kisi-Kisi  + Contoh Soal)  Mata Pelajaran: Matematika   Kelas                   : XI Jumlah Soal    : 20 Jenis Soal        : Pilihan Ganda Waktu                  : 45 Menit   1. Suatu pekerjaan dapat diselesaikan selama 2 minggu oleh 8 orang. Jika hanya ada 7 orang dan ongkos tenaga sehari per orang Rp. 10.000,00 maka biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar ke 7 orang tersebut adalah ... Rp. 1 120.000,00

Kisi Kisi Matematika PAS Kelas 12 Semester Ganjil

 Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Ganjil  Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil TP. 2020/2012 sudah di setor ke IT SMKN Tempursari semoga bisa lancar dan bermanfaat. Ada perbedaan dengan soal tahun-tahun sebelumnya, yaitu ada 2 soal AKM dari 20 soal yang saya buat. Harapannya melalui ujian ini selain menambah pengetahuan juga meningkatkan karakter kita sebagai sebagai manusia yang berkepribadian sukses. Berikut ini kisi-kisi mulai dari kelas 10, 11 dan 12. Scroll terus ke bawah ya. #biasakankomentarPositif Kelas 12 (Kisi-Kisi  + Contoh Soal) Mata Pelajaran: Matematika   Kelas                   : XII Jumlah Soal    : 20 Jenis Soal        : Pilihan Ganda Waktu                  : 45 Menit Contoh :  1. Diketahui kubus ABCD.EFGH, salah satu bidang diagonal pada kubus tersebut adalah… Bidang BCGF Bidang ABCD Bidang ADHE Bidang CDHG Bidang DBFH 2. Diberikan barisan aritmatika 2, 5, 8, 11, …, 68. Banyaknya suku barisan t