Langsung ke konten utama

Materi Limit SMK

Artikel ini membahas tentang konsep limit fungsi aljabar beserta sifat-sifatnya.

--

Hai, buat kamu yang lagi baca ini, kita akan bahas salah satu materi yang asik dan seru banget di SMK. Tapi sebelumnya, inget nggak waktu kelas 10, kamu sempat belajar tentang fungsi (biasa ditulis f(x))? Fungsi itu kan punya variabel yang kalo kita substitusi suatu bilangan, dia akan menghasilkan nilai tertentu. Kayak misalnya f(x) = 5x kalau x=2 berarti nilai f(x)=5 x 2=10.

Tapi, ada juga loh nilai fungsi yang nggak valid kalau kita substitusikan nilai tertentu di variabelnya. Misalnya dari pertanyaan ini, untuk x=2 itu nilainya berapa ya?

Kita coba langsung substitusi aja!

 wah, hasil yang didapat itu tandanya gak valid ya.

Hmmm… tapi kita coba gambar grafiknya deh. Kita misalkan f(x) dengan sumbu y, menghasilkan grafik garis lurus kayak gini:

 

Wih, ada yang menarik nih, kalo kita liat dari grafik, ketika x=2 garisnya bolong ya. Supaya keliatan lebih jelas, coba sekarang kalo grafiknya kita perbesar, jadi gimana sih garisnya?

Setelah diperbesar bilangan yang mendekati 2 dari kiri maupun kanan tetap punya garis. Untuk x=2 aja nih garisnya tetap bolong. Seandainya, garis itu nggak bolong, keliatan banget kan ketika x=2, f(x) mendekati nilai 4. Nah, itu semua yang dinamakan limit.

 

Pengertian Limit Fungsi

Limit itu suatu batas yang menggunakan konsep pendekatan fungsi. Jadi, bisa dibilang limit adalah nilai yang didekati fungsi saat suatu titik mendekati nilai tertentu. Oke, dari kasus di atas tadi, kan ada bilangan yang mendekati 2 dari kiri dan kanan. Makanya, limit itu terdiri dari limit kiri dan limit kanan. Penulisannya juga beda loh, jadi(dibaca: x mendekati 2 dari kiri) dan untuk (bilangan yang mendekati 2 dari kanan). 

Bentuk Umum Limit Fungsi Aljabar

 

Nah, kalo soal fungsi yang awal tadi, hasilnya itu tandanya, hasil yang kamu dapat termasuk bentuk tak tentu. Bentuk tak tentu itu menghasilkan banyak kemungkinan yang nggak bisa ditentukan. Bentuk tak tentu ada 

Tapi, setiap bilangan atau nilai x yang mendekati 2 dari kiri dan kanan memperoleh hasil yang valid. Oke, kita juga bisa buktiin pakai metode tabel. Simak, ya!

Hasil f(x) diperoleh dari substitusi beberapa nilai x yang mendekati 2 dari kiri dan kanan. Untuk bilangan-bilangan yang mendekati 2 dari kiri, menghasilkan f(x) = 3,999.. (mendekati angka 4 ya). Dari kondisi itu kita bisa tulis notasinya menjadi 

Kemudian, untuk bilangan-bilangan yang mendekati 2 dari kanan, menghasilkan f(x)=4,001.. yang artinya mendekati angka 4 juga ya. Ketika x mendekati 2 dari kanan, notasinya jadi gini ya guys 

Sesuai syarat limit, sebuah fungsi punya limit kalau limit kiri dan kanan sama. Nah, karena nilai limit kiri dan kanannya sama, berarti bisa ditarik kesimpulan 

Gimana, udah lebih tergambar kan materi limit ini? 

Ohya, nggak kalah penting ni guys, jadi, supaya kamu mudah nentuin nilai limitnya, kamu perlu tau sifat-sifat limit fungsi aljabar ini!

Sifat-sifat Limit Fungsi Aljabar

 

Sifat-sifat limit itu bakalan kepake banget sebagai bekal kamu untuk lanjut memperdalam si limit ini. Jadi, jangan lupa untuk dipahami setiap sifatnya ya. Ohya, hal yang terpenting sih,  kamu harus coba untuk latihan soal. 

Soal limit itu kan bisa bervariasi ya, dan mungkin aja fungsi yang dikasih lebih kompleks dari contoh soal yang tadi. Kebayang kan, gimana ribetnya kalau kita harus bikin satu persatu limit fungsi itu pakai tabel. Nah, kita bisa loh cari tau nilai limit tanpa harus pakai tabel dan input satu-satu nilai x nya. Caranya gimana? Jadi untuk cari nilai limit, ada 3 cara ya. Cara yang paling utama adalah cara substitusi, lalu cara faktorisasi, dan cara perkalian sekawan. Bahas satu per-satu, yuk!

1. Cara Substitusi

Cara substitusi ini adalah metode paling dasar. Biasanya semua soal limit dikerjakan pake cara substitusi dulu. Nah, kalau hasilnya nggak valid alias bentuk tak tentu, baru deh pake cara lain. 

Soal 1:

Tentukan nilai dari 

Pembahasan:

Kalau kamu lihat bentuk limitnya, ini mirip dengan sifat limit bagian c, ya! Jadi, bisa kita keluarkan konstanta atau angka 5 nya, kayak gini:Setelah itu, kita bisa ubah bentuknya lagi sesuai sifat limit bagian d.Langsung substitusi nilai x = 3 ke dalam fungsinya, menjadi 

Jadi, dapet deh hasil 

Cukup mudah kan guys hehehe, sekarang kita lanjut soal kedua ya!

Soal 2:

Nah, kalau soal ini, kita akan mencari limit dari fungsi rasional. Jadi, kita bisa menggunakan sifat limit bagian f, ya.

 langsung substitusi x=2 ke dalam fungsi.

Hmm, karena hasilnya bentuk tak tentu, berarti kita harus pake cara yang lain, yaitu cara faktorisasi.

2. Cara Faktorisasi

Cara faktorisasi bisa kita pakai kalau kita dapat hasil yang tak tentu dari cara dasar alias substitusi. Nah berarti skill pemfaktoran kalian waktu SMP dulu, diuji di sini guys hehe. Contohnya, soal ke-2 tadi. 

yang bisa difaktorkan dari fungsi di atas cuma Yaudah deh, langsung kita faktorkan dan didapat (x-2)(x+2).

Langsung dapet deh hasilnya 

Terus, kalau ternyata soalnya mengandung akar, itu gimana dong? Nah, kamu bisa pake cara yang ketiga ini!

3. Cara Perkalian Sekawan

Inget baik-baik ya guys, untuk cara perkalian sekawan itu dipakai kalau hasil uji substitusi menghasilkan bentuk tak tentu, dan khusus untuk soal limit yang fungsinya berbentuk akar. Jadi, kamu cukup melakukan perkalian sekawan dari fungsi yang hanya mengandung akar. 

Fungsi bisa dalam bentuk pecahan atau persamaan fungsi biasa. Supaya ngerti, aku kasih contohnya ya! 

 dikalikan sekawannya yaitu 

 dikalikan sekawannya yaitu 

dikalikan sekawannya yaitu 

Intinya, tidak merubah soal dan bentuk akar, tapi hanya operasi penghubung akar yang diubah. Sekarang liat soal di bawah deh!

Soal 3:

Pertama, kita uji dulu pake cara dasar yaitu substitusi. 

 nah karena menghasilkan bentuk tak tentu, langsung kita pakai cara perkalian sekawan. Bentuk akar ada di pembilangnya, jadi sekawan dari  adalah  . Maka bisa ditulis,

Wah nggak kerasa udah selesai 3 soal aja nih. Kayak yang udah dibilang dari awal, kalau soal limit fungsi ini selalu eksis dan bisa bermacam-macam. Jadi, wajib banget untuk asah terus pemahaman konsep awalmu dan jangan lupa lanjut latihan soal di ruangbelajar. Inget ya, practice makes perfect, jadi tunggu apalagi? selamat belajar!

Referensi:

Sudianto dkk. 2017. Matematika untuk SMA/MA Kelas 11. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.


Sumber : ruangguru.com


Catatan SDR:

Materi limit biasanya dilanjutkan dengan turunan

Modul limit dan turunan bisa didownload disini 

---

Menjadi seorang muslim itu seperti memiliki tambang berlian memang sangat berharga karena kita dapat menemukan kan harta yang tak ternilai harganya.

Jangan heran mereka yang tahu betapa berharganya hal tersebut akan selalu menjaganya, bahkan dengan penuh semangat bekerja mempraktikkan ajaran Islam, sementara mereka yang tidak tahu tentu akan dengan murah menjualnya dan tentu mereka akan sangat rugi sekali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Peran dari Forkopimda Forkopimcam, Muspida, hingga Muspika

Masih banyak yang bertanya-tanya, apa itu arti dari Forkopimda, Forkopimcam, Muspida, dan Muspika? Serta apa peran mereka dalam pemerintahan? Kali ini kita akan bahas pengertian dan peran apa itu Forkopimda Forkopimcam, Muspida, dan Muspika. Serta perangkat yang terlibat dalam setiap kelompok forum atau musyawarah tersebut. Selain untuk menambah wawasan pengetahuan, ini juga penting untuk pemahaman kita mengetahui peranan mereka yang terlibat dalam urusan pemerintahan. Semua perangkat tersebut memiliki funsi yang saling berhubungan satu sama lainnya. Pada fungsi koordinasi antar unsur forkopimda dalam pelaksanaan pembangunan dan penyelesaian masalah-masalah aktual di daerah. Agar terbangun konektivitas antar pusdalsis kabupaten/kota dan provinsi. Hal itu bisa terjalankan dengan adanya kerjasama dan relasi bersama Forkopimcam. Merujuk pada Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 pasal 26 tentang Pemerintah Daerah. Demikian juga Komunitas Intelejen Daerah (kominda) melaksanakan perannya sebaga...

Cara Memindah Tata Letak Yang Tidak Bisa Dipindah

Hai ini sering dipartanyakan oleh mereka blogger pemula, "Kok nggak bisa digeser,?" Pertanyaan itulah yang memberi saya ide untuk kembali mengutak-atik template. Toh, cukup membantu kan.? ^_^

Cek Koneksi dengan ping 8.8.8.8 -t dan Cara Membacanya

  Bagi seorang operator dapodik disekolah kebutuhan untuk mengecek koneksi internet adalah hal yang lumrah, c ara termudah tentu saja anda membuka browser lalu mencoba mengunjungi situs tertentu seperti google.com , gmail.com , youtube.com atau juga facebook.com . namun menurut saya cara ini kurang dapat memberikan informasi yang lengkap. karena terkadang saat kita mengunjungi sebuah situs/web, dan tidak bisa terbuka , bukan berarti koneksi kita yang bermasalah. bisa jadi juga karena browser yang terkena virus atau juga situs tersebut sedang down (tidak bisa di akses). Oleh karena itu berikut ini tips  Cek Koneksi dengan ping 8.8.8.8 -t dan Cara Membacanya  tanpa perlu membuka browser dan juga memberikan informasi yang lebih lengkap. Koneksi yang di atas menunjukkan bahwa koneksi tidak stabil dan kurang cepat, hal ini dapat dilihat melalui time yang muncul, semakin kecil time maka menunjukkan semakin cepat koneksi Anda, dari time juga dapat dilihat apabila munculnya tida...