Langsung ke konten utama

Tugas Bab Peluang Pak De

 Tugas Bab Peluang 



Kegiatan 1

 Konsep Peluang Kartu

Sebelum mengetahui banyak kemungkinan yang muncul dari suatu kegiatan, kalian harus mengetahui konsepnya terlebih dahulu, Mari kita perhatikan terlebih dahulu masalah di bawah ini untuk mengetahui bagaimana konsep dari peluang yang mungkin muncul dari permainan kartu remi.

 

Gambar berikut adalah kartu remi, perhatikan berapa jumlahnya? karena ini akan kita jadikan default ketika belajar materi peluang dengan kartu remi.

Sumber gambar: Buku Siswa SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan edisi revisi

Jenis kartu pada pada baris pertama disebut Club (C) atau keriting, baris kedua disebut Spade (S) atau Waru Hitam, baris ketiga disebut Heart (H) (), dan baris terakhir disebut Diamond (D) (♦).

Dalam satu jenis terdapat 13 kartu (Ace (A), 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, Jack (J), Queen (Q), King (K)) sehingga totalnya menjadi 52 kartu. Pada table berikut ambil salah satu kartu kemudian tuliskan namanya.

No.

Simbol

Nama Matematis

1



 

                                   A-H

2

 




 

3

 




 

4

 




 

5

 




 


Kegiatan 1

Soal dan Pembahasan

Agar lebih memahami soal dan pembahasan, 
Buatlah 3-5 soal dan pembahasan sesuai contoh dibawah ini. 
Kalian dapat menggunakan informasi dari sumber     lain untuk menyelesaikan tugas pada kegiatan ini.


6.        

Soal

Tentukan banyak cara mendistribusikan (membagikan) 3 kartu berbeda kepada 5 pemain dengan syarat setiap pemain paling banyak mendapatkan satu kartu.


Penyelesaian

# Menggunakan bantuan tiga kotak maka 


Anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan langkah sebagai berikut.

          Kartu pertama dapat dibagikan kepada 5 pemain, sehingga banyak cara membagikan kartu pertama sebanyak 5 kemungkinan.

          Karena satu pemain sudah mendapat 1 kartu, maka tinggal 4 pemain yang dapat dibagikan kartu kedua, sehingga banyak cara membagikan kartu kedua sebanyak 4 kemungkinan.

          Kartu ketiga (terakhir) dapat dibagikan kepada 3 pemain, karena 2 pemain sudah mendapat masing-masing 1 kartu. Sehingga banyak cara membagikan kartu ketiga sebanyak 3 kemungkinan.

Dengan menggunakan prinsip perkalian,

maka banyak cara mendistribusikan  3 kartu berbeda kepada 5 pemain dengan syarat setiap pemain paling banyak mendapatkan satu kartu sama dengan 5 × 4 × 3 = 60.

# Menggunakan permutasi 3 dari 5

  



 

 

7.

 

 

 

8.

 

 

 

9.

 

 

 

10.



Soal lengkap bisa klik disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Peran dari Forkopimda Forkopimcam, Muspida, hingga Muspika

Masih banyak yang bertanya-tanya, apa itu arti dari Forkopimda, Forkopimcam, Muspida, dan Muspika? Serta apa peran mereka dalam pemerintahan? Kali ini kita akan bahas pengertian dan peran apa itu Forkopimda Forkopimcam, Muspida, dan Muspika. Serta perangkat yang terlibat dalam setiap kelompok forum atau musyawarah tersebut. Selain untuk menambah wawasan pengetahuan, ini juga penting untuk pemahaman kita mengetahui peranan mereka yang terlibat dalam urusan pemerintahan. Semua perangkat tersebut memiliki funsi yang saling berhubungan satu sama lainnya. Pada fungsi koordinasi antar unsur forkopimda dalam pelaksanaan pembangunan dan penyelesaian masalah-masalah aktual di daerah. Agar terbangun konektivitas antar pusdalsis kabupaten/kota dan provinsi. Hal itu bisa terjalankan dengan adanya kerjasama dan relasi bersama Forkopimcam. Merujuk pada Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 pasal 26 tentang Pemerintah Daerah. Demikian juga Komunitas Intelejen Daerah (kominda) melaksanakan perannya sebaga

Kisi-Kisi Matematika PAS Kelas XI Semester Ganjil

 Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Ganjil  Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil TP. 2020/2012 sudah di setor ke IT SMKN Tempursari semoga bisa lancar dan bermanfaat. Ada perbedaan dengan soal tahun-tahun sebelumnya, yaitu ada 2 soal AKM dari 20 soal yang saya buat. Harapan saya melalui ujian ini selain menambah pengetahuan juga meningkatkan karakter kita sebagai sebagai manusia yang berharap menjadi pribadi yang sukses. Berikut ini kisi-kisi mulai dari kelas 10, 11 dan 12. Scroll terus ke bawah ya. #biasakankomentarPositif   Kelas 11 (Kisi-Kisi  + Contoh Soal)  Mata Pelajaran: Matematika   Kelas                   : XI Jumlah Soal    : 20 Jenis Soal        : Pilihan Ganda Waktu                  : 45 Menit   1. Suatu pekerjaan dapat diselesaikan selama 2 minggu oleh 8 orang. Jika hanya ada 7 orang dan ongkos tenaga sehari per orang Rp. 10.000,00 maka biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar ke 7 orang tersebut adalah ... Rp. 1 120.000,00

Kisi Kisi Matematika PAS Kelas 12 Semester Ganjil

 Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Ganjil  Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil TP. 2020/2012 sudah di setor ke IT SMKN Tempursari semoga bisa lancar dan bermanfaat. Ada perbedaan dengan soal tahun-tahun sebelumnya, yaitu ada 2 soal AKM dari 20 soal yang saya buat. Harapannya melalui ujian ini selain menambah pengetahuan juga meningkatkan karakter kita sebagai sebagai manusia yang berkepribadian sukses. Berikut ini kisi-kisi mulai dari kelas 10, 11 dan 12. Scroll terus ke bawah ya. #biasakankomentarPositif Kelas 12 (Kisi-Kisi  + Contoh Soal) Mata Pelajaran: Matematika   Kelas                   : XII Jumlah Soal    : 20 Jenis Soal        : Pilihan Ganda Waktu                  : 45 Menit Contoh :  1. Diketahui kubus ABCD.EFGH, salah satu bidang diagonal pada kubus tersebut adalah… Bidang BCGF Bidang ABCD Bidang ADHE Bidang CDHG Bidang DBFH 2. Diberikan barisan aritmatika 2, 5, 8, 11, …, 68. Banyaknya suku barisan t