Langsung ke konten utama

Berbahagialah Ketika doamu Tidak segera dikabulkan ALLAH sementara kau telah berusaha yang terbaik


Saudaraku yang Budiman, kita meyakini bahwa semua makhluk di muka bumi ini tidak akan lepas dari rejekinya Allah. Akan tetapi, sering di antara kita mengadu karena rejeki yang sulit, ingin mendapatkan rejeki yang banyak dan merasakan doa-doanya tidak kunjung terkabul. Ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu kisah hikmah yang ada dibawah ini.

Alkisah, ada seseorang yang mengeluh kepada Ustadz.


 Ustadz, jujur saya bingung, kenapa doa saya tidak kunjung dikabulkan oleh Allah? Padahal saya sudah bersungguh-sungguh dalam beribadah. Sedangkan temanku doanya selalu dikabulkan oleh Allah. Padahal perilakunya buruk, ibadahnya pun juga buruk?

Ustadz itu pun tersenyum. Kemudian ia balik bertanya.

Kalau kamu lagi duduk di warung, kemudian datanglah pengamen, penampilannya hancur, baunya busuk, suarnya pun fals, bagaimana reaksimu?

Tentu akan saya kasih uang langsung ustadz, soalnya saya tidak kuat apabila membiarkan dia lama-lama di situ sembari mencium baunya dan mendengarkan suaranya.” Jawab orang tersebut.

Si ustadz kemudian bertanya lagi.

Bagaimana kalau pengamen yang datang penampilannya rapi dan wangi, main musiknya enak, dan suaranya merdu?

Wah, kalau seperti itu, saya akan betah ustadz, saya akan menikmati musiknya sampai habis. Lama nggak masalah. Kalau perlu saya suruh nyanyi lagi. Kalau pengamen yang tadi saya kasih 5.000, yang ini 50.000 juga berani, ustadz.”

Ustadz itu pun tersenyum sembari berkata.

Begitulah. Allah ketika melihat kamu yang soleh, datang menghadap kepada-Nya, Allah pasti betah mendengarkanmu berdoa. Allah pasti betah mendengarkan doa-doamu sampai habis. Dan Allah pun sangat senang melihatmu berlama-lama ketika berdoa. Bagi Allah, mengabulkan semua doamu adalah perkara yang sangat mudah. Tetapi Allah ingin menahan dirimu agar tetap khusyuk berdoa, serta membiarkanmu agar tetap dekat dengan-Nya.”

Ustadz itu menghela nafas, kemudian meneruskan ucapannya,

Coba bayangkan, kalau doamu cepat dikabulkan oleh Allah, apakah kamu tetap sedekat ini dengan Allah? Dan di penghujung nanti, apa yang kamu dapatkan pastilah jauh lebih besar daripada apa yang kami minta. Percayalah. Seperti perumpamaan pengamen yang suaranya merdu tadi, ia diberi imbalan yang lebih besar dengan catatan semua lagu-lagunya didengarkan sampai habis.”

Berbeda dengan temanmu. Bisa saja Allah tidak mau dekat dengannya. Karena itulah ia diberi segalanya (Bahasa Jawa: Dilulu), termasuk diberi segala dosanya. Memang ia akan lebih cepat mendapatkan jatah nikmat dibandingkan denganmu. Tetapi jatah itu akan stagnan dan tidak bertambah.

Apabila apa yang kamu minta ternyata tidak dikabulkan oleh Allah sampai mati, maka balasan tersebut akan dirasakan di akhirat. Dan balasan tersebut akan jauh lebih dahsyat dibandingkan balasan di dunia. Sebaik-baiknya pembalasan adalah jatah surga, karena di dalam surga, apa yang kita minta akan selalu dikabulkan oleh Allah, tanpa terkecuali.

Tersadarlah orang tadi. Ia pun beristigfar karena sudah berprasangka buruk terhadap Allah. Padahal Allah betul-betul amat menyayanginya.

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

“Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”. [Ath-Thalaq/65 : 3]

Yaitu yang mencukupinya, Ar-Robi’ bin Khutsaim berkata : Dari segala sesuatu yang menyempitkan (menyusahkan) manusia. [Hadits Riwayat Bukhari bab Tawakal 11/311]


Semoga bermanfaat.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Peran dari Forkopimda Forkopimcam, Muspida, hingga Muspika

Masih banyak yang bertanya-tanya, apa itu arti dari Forkopimda, Forkopimcam, Muspida, dan Muspika? Serta apa peran mereka dalam pemerintahan? Kali ini kita akan bahas pengertian dan peran apa itu Forkopimda Forkopimcam, Muspida, dan Muspika. Serta perangkat yang terlibat dalam setiap kelompok forum atau musyawarah tersebut. Selain untuk menambah wawasan pengetahuan, ini juga penting untuk pemahaman kita mengetahui peranan mereka yang terlibat dalam urusan pemerintahan. Semua perangkat tersebut memiliki funsi yang saling berhubungan satu sama lainnya. Pada fungsi koordinasi antar unsur forkopimda dalam pelaksanaan pembangunan dan penyelesaian masalah-masalah aktual di daerah. Agar terbangun konektivitas antar pusdalsis kabupaten/kota dan provinsi. Hal itu bisa terjalankan dengan adanya kerjasama dan relasi bersama Forkopimcam. Merujuk pada Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 pasal 26 tentang Pemerintah Daerah. Demikian juga Komunitas Intelejen Daerah (kominda) melaksanakan perannya sebaga

Kisi-Kisi Matematika PAS Kelas XI Semester Ganjil

 Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Ganjil  Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil TP. 2020/2012 sudah di setor ke IT SMKN Tempursari semoga bisa lancar dan bermanfaat. Ada perbedaan dengan soal tahun-tahun sebelumnya, yaitu ada 2 soal AKM dari 20 soal yang saya buat. Harapan saya melalui ujian ini selain menambah pengetahuan juga meningkatkan karakter kita sebagai sebagai manusia yang berharap menjadi pribadi yang sukses. Berikut ini kisi-kisi mulai dari kelas 10, 11 dan 12. Scroll terus ke bawah ya. #biasakankomentarPositif   Kelas 11 (Kisi-Kisi  + Contoh Soal)  Mata Pelajaran: Matematika   Kelas                   : XI Jumlah Soal    : 20 Jenis Soal        : Pilihan Ganda Waktu                  : 45 Menit   1. Suatu pekerjaan dapat diselesaikan selama 2 minggu oleh 8 orang. Jika hanya ada 7 orang dan ongkos tenaga sehari per orang Rp. 10.000,00 maka biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar ke 7 orang tersebut adalah ... Rp. 1 120.000,00

Kisi Kisi Matematika PAS Kelas 12 Semester Ganjil

 Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Ganjil  Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil TP. 2020/2012 sudah di setor ke IT SMKN Tempursari semoga bisa lancar dan bermanfaat. Ada perbedaan dengan soal tahun-tahun sebelumnya, yaitu ada 2 soal AKM dari 20 soal yang saya buat. Harapannya melalui ujian ini selain menambah pengetahuan juga meningkatkan karakter kita sebagai sebagai manusia yang berkepribadian sukses. Berikut ini kisi-kisi mulai dari kelas 10, 11 dan 12. Scroll terus ke bawah ya. #biasakankomentarPositif Kelas 12 (Kisi-Kisi  + Contoh Soal) Mata Pelajaran: Matematika   Kelas                   : XII Jumlah Soal    : 20 Jenis Soal        : Pilihan Ganda Waktu                  : 45 Menit Contoh :  1. Diketahui kubus ABCD.EFGH, salah satu bidang diagonal pada kubus tersebut adalah… Bidang BCGF Bidang ABCD Bidang ADHE Bidang CDHG Bidang DBFH 2. Diberikan barisan aritmatika 2, 5, 8, 11, …, 68. Banyaknya suku barisan t